Monday, March 23, 2015

LATIH BASINDO 24 MARET 2015

Kerjakan soal-soal di bawah ini di buku PR! (soal tidak perlu di salin ... setiap nomor dilangkah satu baris ...)



1.    Apakah yang dimaksud dengan laporan?
2.    a. Apa yang dimaksud dengan memorandum?
b. Sebutkan syarat-syarat memo yang baik!
c. Gambarkan bagan memo!
3.    Buatlah sebuah memo untuk kepentingan berikut:
Memo berasal dari ketua Yayasan kepada  ketua Harian untuk membuat laporan tahunan yayasan, semua data dan berkas harus sudah diterima besok.
(Data-data yang diperlukan seperti tanggal, alamat, nama , dapat Anda tentukan sendiri!)
4.    Tentukan jenis kata bilangan yang bergaris bawah dalam kalimat-kalimat berikut ini!
a.     Kakak memberikan setengah kuenya kepada adik dan kedua temannya.
b.    Ibu memiliki dua pasang sepatu berwarna merah.
c.     Ayahku anak kelima dari sepuluh bersaudara.
d.    Tidak semua orang menyetujui pendapat itu.
e.    Beberapa orang di kamar itu telah tertidur lelap.
5.    Jelaskan perbedaan pun sebagai kata dan sebagai klitika! Beri  contoh!
6.    Ambil obatnya, kemudian minumlah dengan air teh ini!
Bentuk –nya pada kata obatnya berfungsi sebagai apa? Jelaskan!
7.    Sebutkan tujuan pembuatan laporan!
8.    Apa yang dimaksud dengan berita?
Berita adalah kejadian penting yang dilaporkan oleh wartawan untuk mendapat perhatian pembaca, pendengar, atau pemirsa.
9.    Gambarkan dan jelaskan struktur berita dalam bentuk piramida terbalik!
10.  Carilah berita singkat dalam surat kabar, kemudian analisis berdasarkan  unsur 5 W 1 H!
11.  Sebutkan syarat-syarat membaca berita yang baik!
12.  Sebutkan rumus kecepatan membaca!
13.  Sebutkan dan jelaskan unsur intrinsik karya sastra!
14.  Buatlah sebuah surat permohonan wawancara yang ditujukan kepada seorang tokoh masyarakat! Wawancara tersebut berkenaan dengan acara menyambut Hari Kemerdekaan RI. Kalian mendapatkan tugas dari sekolah untuk melakukan wawancara untuk dimuat dalam majalah EUREKA edisi Hari Kemerdekaan!
15.  Apa yang dimaksud dengan notula?
16.  Sebutkan unsur-unsur yang harus dicatat notulis dalam notula rapat!
17.  Jelaskan perbedaan fakta dan opini!
18.  Buatlah masing-masing lima contoh fakta dan opini!
19.  Buatlah masing-masing tiga contoh frase nominal, frase verbal, dan frase adjektival!
20.  Sebutkan ciri-ciri bahasa baku!
21.  Sebutkan makna ambigu yang timbul dari kalimat-kalimat berikut:
a.     Anak pengusaha yang muda itu bernama Tono.
b.    Menurut cerita ibu Ani itu pemaaf.
c.     Kucing makan tikus mati.
d.    Mobil ketua RT yang baru sedang dicuci.
e.    Kambing hitam
22.  A.   Apakah yang dimaksud dengan makna denotasi dan makna konotasi?
B.    Buatlah kalimat dengan kelompok kata berikut yang bermakna denotasi dan konotasi!
-          lepas tangan                - meja hijau                             - mata sapi
-          jalan belakang              - kambing hitam                      - makan hati
-          hitam                           - bunga                                                - kopi pahit
23.  Apa yang dimaksud dengan kalimat tunggal? Berikan lima contoh!
24.  Buatlah masing-masing lima kata berimbuhan memper-kan dan memper-i
25.  Buatlah masing-masing tiga kalimat menggunakan majas personifikasi, metonimia, metafora, sinekdok totem proparte, sinekdok pars prototo, hiperbola, eufimisme, dan litotes!
26.  A.   Apa yang dimaksud dengan kalimat efektif?
B.   Ubahlah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat efektif!
-          Bagi anggota masyarakat yang tidak mematuhi hukum sebaiknya diberi sanksi yang berat.
-          Rapat mendadak itu membahas aspek daripada kesadaran hukum.
-          Mereka membicarakan tentang penyakit menular.
-          Sekolah di mana aku bersekolah mengadakan perlombaan olah raga.
-          Anak-anak dilarang tidak boleh merokok.
-          Bangsa Indonesia memperingati Dirgahayu HUT Kemerdekaan RI ke 58.
-          Para siswa-siswa bergotong royong membersihkan halaman sekitar sekolah.
-          Mereka saling tolong menolong dalam kesusahan.
-          Yang hari ini piket dihapus.
-          Kepada juara pertama lomba layar itu mendapat hadian utama.
27.  Apa yang dimaksud dengan parafrase puisi?
28.  Parafrasekan puisi di bawah ini!

Surat dari Ibu

Karya: Asrul Sani

Pergi ke dunia luas, anakku sayang
pergi ke dunia bebas!
selama angin masih angin buritan
dan matahari pagi menyinar daun-daunan
dalam rimba dan padang hijau

Pergi ke dunia lepas, anakku sayang
pergi ke alam bebas!
selama hari belum petang
dan warna senja belum kemerah-merahan
menutup pintu waktu lampau

Jika bayang telah pudar
dan elang laut pulang ke sarang
angin bertiup ke benua
tiang-tiang akan kerind sendiri
dan nakhoda sudah tahu pedoman
boleh engkau datang padaku!

Kembali pulang, anakku sayang
kembali ke balik malam
Jika kapalmu telah rapat
kita akan bercerita
“tentang cinta dan hidupmu pagi hari
29.  Sekolah Kesatuan mengadakan acara perlombaan yang diikuti oleh 200 siswa untuk berbagai perlombaan. Lomba memasak diikuti oleh 15 siswa, menari diikuti oleh 30 siswa, baca puisi diikuti oleh 20 siswa, pidato 25 siswa, menyanyi 75 siswa, dan sisanya adalah membaca dongeng. Buatlah tabel untuk mempermudah membaca data di atas! Tentukan lomba apa yang paling banyak diminati siswa!
30.  Kepala sekolah  berhalangan memimpin rapat guru karena sakit. Kepala sekolah menulis memo  kepada wakil kepala sekolah untuk menggantikan memimpin rapat. Buatlah memo berkaitan dengan  peristiwa di atas!
31.  Susunlah sebuah paragraf deskripsi tentang bunga mawar!
32.  Jelaskan perbedaan ragam lisan dan ragam tulisan!
33.  Sebutkan dan jelaskan macam-macam teknik pidato!
34.  Buatlah tiga contoh kalimat luas!
35.  Buatlah tiga contoh kalimat sederhana!
36.  Buatlah tiga contoh frase yang berpola MD!
37.  Buatlah tiga contoh frase yang berpola DM!
38.  Jelaskan perbedaan gabungan kata yang termasuk kata majemuk dan gabungan kata yang termasuk frase! Berikan contoh!
39.  Buatlah masing-masing tiga contoh kalimat majemuk setara yang menyatakan hubungan pemilihan, penambahan, dan perlawanan!
40.  Apa yang dimaksud dengan konjungsi korelatif?
41.  Buatlah masing-masing tiga kalimat menggunakan konjungsi korelatif:
-          makin … makin …         - jangankan … pun                   - tidak … tetapi
-          lebih … daripada           - baik … maupun                      - demikian (rupa) sehingga ..
-          entah … entah …          - bukan hanya … melainkan
42.  Sebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra!
43.  Sebutkan ciri-ciri kalimat mayor!
44.  Sebutkan ciri-ciri kalimat minor!
45.  Buatlah tiga contoh kalimat majemuk bertingkat dengan anak kalimat mendahului induk kalimat!
46.  Buatlah masing-masing tiga kalimat menggunakan kata ulang yang bermakna:
-          intensitas frekuentatif              - bermacam-macam
-          resiprok (saling)                       - menyerupai/seperti
-          banyak                                     - agak
47.  Sebutkan lima tahapan alur dalam drama! Jelaskan! 
48.  Sebutkan jenis kata ulang menurut bentuknya! Berikan contoh!
49.  Apakah yang dimaksud dengan konflik dalam novel?
50.  Apa yang dimaksud dengan proposal?
51.  Sebutkan unsur-unsur proposal!
52.  Apa yang dimaksud dengan iklan?
53.  Sebutkan syarat-syarat iklan yang baik  dari segi bahasa!
54.  Sebutkan syarat-syarat iklan yang baik dari segi isi!
55.  Apa yang dimaksud dengan makna leksikal?
56.  Sebutkan syarat-syarat pantun!
57.  Jelaskan perbedaan antara singkatan dan akronim! Berikan masing-masing lima contoh berikut kepanjangannya!
58.  Sebutkan dan jelaskan enam macam perubahan makna! Berikan masing-masing tiga contoh kalimat!
59.  Buatlah contoh paragraf yang mengandung analogi!
60.  Jelaskan pengertian ringkasan dan ikhtisar!
61.  Apakah yang dimaksud dengan paragraf argumentasi?
62.  Apa yang dimaksud dengan kalimat tunggal?
63.  Jelaskan perbedaan antara objek dan pelengkap!
64.  Apa yang dimaksud dengan kalimat verbal? Beri lima contoh!
65.  Apa yang dimaksud dengan kalimat nominal? Berikan lima contoh!
66.  Apa yang dimaksud dengan unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik sebuah sebuat karya sastra?
67.  Jelaskan perbedaam kata sandang dan kata bilangan! Beri contoh!
68.  Sebutkan ciri-ciri ragam bahasa resmi!
69.  Sebutkan bagian-bagian surat pribadi!
70.  Bilamana sebuah surat dapat dikatakan sebagai surat resmi?
71.  Sebutkan bagian-bagian surat resmi!
72.  Apa fungsi judul karangan?
73.  Apa yang dimaksud dengan konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif? Berikan masing-masing tiga icontoh!
74.  Sebutkan tiga tujuan menyusun kerangka karangan!
75.  Buatlah masing-masing tiga kalimat berpola:
- SP            - SPOK              - KSP                - SPO/SPK         - SPPel
- SPO          - KSPO              - SP/SP - SP/ SPOK        - SP/__K__
- SPK          - PS                  - SPO/SPO         - SPK/SPO                  SP  
- __S__/ POK         - SP/ ___Pel___           - SPO/ __K__    - ___K___/SP
    SPO                             SPOK                               SP           SPOK
76.  Jelaskan perbedaan biografi dan autobiografi!
77.  Tuliskan penyerapan yang benar dari kata-kata asing berikut:
a.     Modernization              k.  Coupon
b.    Export                          l.   Reality
c.     Activity                         m. Vaccine
d.    Stratosfeer                   n.  Dualism
e.    Critiek                          o.  Theory
f.      Variety                         p.  Passive
g.    Project                         r.   Technique
h.    Secundair                     s.  acclamation
i.      Publication                   t.   dynamo
j.      Anarchie                       u.  construction
78.  Apa yang dimaksud dengan kalimat lengkap? Beri contoh!
79.  Apa yang dimaksud dengan kalimat tunggal dan kalimat majemuk?
80.  Apa yang dimaksud dengan kalimat aktif dan kalimat pasif?
81.  Buatlah lima contoh kalimat aktif, kemudian ubah menjadi bentuk pasif!
82.  Buatlah  masing-masing lima kalimat menggunakan kata berawalan peN-/per- yang bermakna
-          ‘orang yang mempunyai kebiasaan’
-          ‘orang yang mempunyai sifat’
-          ‘orang yang berprofesi sebagai’
83.  Buatlah masing-masing tiga kalimat majemuk bertingkat yang menyatakan hubungan:
- tujuan                            - waktu             - syarat
- perlawanan                      - akibat             - pengandaian
- sebab                              - penjelasan
84.  Jelaskan makna partikel serapan berikut, kemudian buat kalimatnya!
-          a             - pra              - maha             - nir                  - eks                - mono
-          adi           - anti             -  kontra           - intra               - semi              - poli
-          tuna        - antar           - multi              - ekstra            - swa   
-          pasca      - serba          - non                - mala              - supra
85.   Buat tiga contoh ungkapan yang berkaitan dengan anggota tubuh!
86.  Benarkah penulisan lambang bilangan dalam kalimat berikut? Jika salah, bagaimana seharusnya?
a.     15 orang meninggal dunia dalam kecelakaan itu.
b.    Sudah 2 hari ia tidak masuk sekolah.
c.     Bapak memelihara 135 ekor ikan mas, lima belas ekor itik, dan tiga puluh lima ekor ayam.
87.  Dalam pertandingan itu kedua petinju saling pukul-memukul.
Benarkah penggunaan kata ulang dalam kalimat di atas? Berikan alasan!
88.  Tuliskan sistematika laporan kegiatan!
89.  Apakah yang dimaksud dengan frase? Berikan contoh!
90.  Jelaskan perbedaan frase, klausa, dan kalimat! Berikan contoh!
91.  Apakah yang dimaksud dengan frase atribut berimbuhan? Berikan contoh!
92.  Mengapa frase kaki tangan tidak dapat diperluas dengan kata yang? Jelaskan!
93.  Apakah yang dimaksud dengan penalaran deduktif dan induktif?
94.  Sebutkan dan jelaskan dengan singkat beberapa teknik penalaran yang termasuk dalam penalaran induktif!
95.  Buatlah lima kalimat menggunakan  frase yang diperluas dengan kata yang!
96.  Buatlah lima kalimat menggunakan imbuhan ke-an yang menyatakan tempat!
97.  – Petani membuat orang-orangan di tengah sawah.
- Orang-orang itu berlari ketakutan melihat kejadian yang mengerikan itu.
Jelaskan perbedaan makna antara kedua kata ulang dalam kalimat di atas!
98.  Apa yang dimaksud dengan kata sapaan? Berikan tiga contoh dalam kalimat!
99.  Kita tidak mudah untuk mendapatkan gelar insinyur.
Mengapa kata insinyur tidak ditulis dengan huruf kapital?
100.       Selusin pensil-pensil itu dimasukkan ke dalam lemari.
Jelaskan mengapa penggunaan kata ulang pada kalimat di atas tidak tepat? Bagaimana seharusnya?

3 comments:

  1. 100. seharusnya selusin pensil itu dimasukan ke dalam lemari
    kata pensil-pensil tidak tepat karena sudah ada keterangan selusin

    ReplyDelete