1.
Apakah
yang dimaksud dengan laporan?
2.
a. Apa
yang dimaksud dengan memorandum?
b. Sebutkan syarat-syarat memo yang baik!
c. Gambarkan bagan memo!
3. Buatlah sebuah memo untuk kepentingan berikut:
Memo berasal dari ketua Yayasan kepada ketua Harian untuk membuat laporan tahunan
yayasan, semua data dan berkas harus sudah diterima besok.
(Data-data yang diperlukan seperti tanggal,
alamat, nama , dapat Anda tentukan sendiri!)
4. Tentukan jenis kata bilangan yang bergaris bawah dalam kalimat-kalimat
berikut ini!
a. Kakak memberikan setengah kuenya kepada adik dan kedua
temannya.
b. Ibu memiliki dua pasang sepatu berwarna merah.
c. Ayahku anak kelima dari sepuluh bersaudara.
d. Tidak semua orang menyetujui pendapat itu.
e. Beberapa orang di kamar itu telah tertidur lelap.
5. Jelaskan perbedaan pun sebagai kata dan
sebagai klitika! Beri
contoh!
6. Ambil obatnya, kemudian minumlah dengan air teh ini!
Bentuk –nya pada kata obatnya
berfungsi sebagai apa? Jelaskan!
7. Sebutkan tujuan pembuatan laporan!
8.
Apa
yang dimaksud dengan berita?
Berita adalah
kejadian penting yang dilaporkan oleh wartawan untuk mendapat perhatian
pembaca, pendengar, atau pemirsa.
9.
Gambarkan
dan jelaskan struktur berita dalam bentuk piramida terbalik!
10. Carilah berita singkat dalam surat kabar, kemudian
analisis berdasarkan unsur 5 W 1 H!
11. Sebutkan syarat-syarat membaca berita yang baik!
12. Sebutkan rumus kecepatan membaca!
13. Sebutkan dan jelaskan unsur intrinsik karya
sastra!
14. Buatlah sebuah surat permohonan wawancara yang
ditujukan kepada seorang tokoh masyarakat! Wawancara tersebut berkenaan dengan
acara menyambut Hari Kemerdekaan RI. Kalian mendapatkan tugas dari sekolah
untuk melakukan wawancara untuk dimuat dalam majalah EUREKA edisi Hari
Kemerdekaan!
15. Apa yang dimaksud dengan notula?
16. Sebutkan unsur-unsur yang harus dicatat notulis
dalam notula rapat!
17. Jelaskan perbedaan fakta dan opini!
18. Buatlah masing-masing lima contoh fakta dan opini!
19. Buatlah masing-masing tiga contoh frase nominal,
frase verbal, dan frase adjektival!
20. Sebutkan ciri-ciri bahasa baku!
21. Sebutkan makna ambigu yang timbul dari
kalimat-kalimat berikut:
a.
Anak
pengusaha yang muda itu bernama Tono.
b.
Menurut
cerita ibu Ani itu pemaaf.
c. Kucing makan tikus mati.
d.
Mobil
ketua RT yang baru sedang dicuci.
e. Kambing hitam
22. A. Apakah
yang dimaksud dengan makna denotasi dan makna konotasi?
B. Buatlah kalimat dengan kelompok kata berikut yang
bermakna denotasi dan konotasi!
-
lepas
tangan - meja hijau - mata sapi
-
jalan belakang -
kambing hitam - makan
hati
-
hitam -
bunga - kopi pahit
23. Apa yang dimaksud dengan kalimat tunggal? Berikan lima
contoh!
24. Buatlah masing-masing lima kata berimbuhan
memper-kan dan memper-i
25. Buatlah masing-masing tiga kalimat menggunakan
majas personifikasi, metonimia, metafora, sinekdok totem proparte, sinekdok
pars prototo, hiperbola, eufimisme, dan litotes!
26. A. Apa yang
dimaksud dengan kalimat efektif?
B. Ubahlah kalimat-kalimat berikut menjadi
kalimat efektif!
-
Bagi anggota masyarakat yang tidak mematuhi hukum
sebaiknya diberi sanksi yang berat.
-
Rapat
mendadak itu membahas aspek daripada kesadaran hukum.
-
Mereka membicarakan tentang penyakit menular.
-
Sekolah di mana aku bersekolah mengadakan
perlombaan olah raga.
-
Anak-anak dilarang tidak boleh merokok.
-
Bangsa Indonesia
memperingati Dirgahayu HUT Kemerdekaan
RI ke 58.
-
Para siswa-siswa bergotong royong membersihkan halaman sekitar sekolah.
-
Mereka
saling tolong menolong dalam kesusahan.
-
Yang
hari ini piket dihapus.
-
Kepada
juara pertama lomba layar itu mendapat hadian utama.
27. Apa yang dimaksud dengan parafrase puisi?
28. Parafrasekan puisi di bawah ini!
Surat dari Ibu
Karya: Asrul Sani
Pergi ke dunia luas, anakku sayang
pergi ke dunia bebas!
selama angin masih angin buritan
dan matahari pagi menyinar daun-daunan
dalam rimba dan padang hijau
Pergi ke dunia lepas, anakku sayang
pergi ke alam bebas!
selama hari belum petang
dan warna senja belum kemerah-merahan
menutup pintu waktu lampau
Jika bayang telah pudar
dan elang laut pulang ke sarang
angin bertiup ke benua
tiang-tiang akan kerind sendiri
dan nakhoda sudah tahu pedoman
boleh engkau datang padaku!
Kembali pulang, anakku
sayang
kembali ke balik malam
Jika kapalmu telah rapat
kita akan bercerita
“tentang cinta dan hidupmu pagi hari
29. Sekolah Kesatuan mengadakan acara perlombaan yang
diikuti oleh 200 siswa untuk berbagai perlombaan. Lomba memasak diikuti oleh 15
siswa, menari diikuti oleh 30 siswa, baca puisi diikuti oleh 20 siswa, pidato
25 siswa, menyanyi 75 siswa, dan sisanya adalah membaca dongeng. Buatlah tabel untuk mempermudah membaca data di atas! Tentukan lomba
apa yang paling banyak diminati siswa!
30. Kepala sekolah berhalangan
memimpin rapat guru karena sakit. Kepala sekolah menulis memo kepada wakil kepala sekolah untuk
menggantikan memimpin rapat. Buatlah memo berkaitan dengan peristiwa di atas!
31. Susunlah sebuah paragraf deskripsi tentang bunga mawar!
32. Jelaskan perbedaan ragam lisan dan ragam tulisan!
33. Sebutkan dan jelaskan macam-macam teknik pidato!
34. Buatlah tiga contoh kalimat luas!
35. Buatlah tiga contoh kalimat sederhana!
36. Buatlah tiga contoh frase yang berpola MD!
37. Buatlah tiga contoh frase yang berpola DM!
38. Jelaskan perbedaan gabungan kata yang termasuk
kata majemuk dan gabungan kata yang termasuk frase! Berikan contoh!
39. Buatlah masing-masing tiga contoh kalimat majemuk setara yang
menyatakan hubungan pemilihan, penambahan, dan perlawanan!
40. Apa yang dimaksud dengan konjungsi korelatif?
41. Buatlah masing-masing tiga kalimat menggunakan
konjungsi korelatif:
-
makin
… makin … - jangankan … pun - tidak … tetapi
-
lebih … daripada -
baik … maupun -
demikian (rupa) sehingga ..
-
entah … entah … -
bukan hanya … melainkan
42. Sebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra!
43. Sebutkan ciri-ciri kalimat mayor!
44. Sebutkan ciri-ciri kalimat minor!
45. Buatlah tiga contoh kalimat majemuk bertingkat
dengan anak kalimat mendahului induk kalimat!
46. Buatlah masing-masing tiga kalimat menggunakan
kata ulang yang bermakna:
-
intensitas frekuentatif - bermacam-macam
-
resiprok (saling) -
menyerupai/seperti
-
banyak -
agak
47. Sebutkan lima
tahapan alur dalam drama! Jelaskan!
48. Sebutkan jenis kata ulang menurut bentuknya! Berikan contoh!
49. Apakah yang dimaksud dengan konflik dalam novel?
50. Apa yang dimaksud dengan proposal?
51. Sebutkan unsur-unsur proposal!
52. Apa yang dimaksud dengan iklan?
53. Sebutkan syarat-syarat iklan yang baik dari segi bahasa!
54. Sebutkan syarat-syarat iklan yang baik dari segi isi!
55. Apa yang dimaksud dengan makna leksikal?
56. Sebutkan syarat-syarat pantun!
57. Jelaskan perbedaan antara singkatan dan akronim! Berikan masing-masing lima contoh berikut
kepanjangannya!
58. Sebutkan dan jelaskan enam macam perubahan makna!
Berikan masing-masing tiga contoh kalimat!
59. Buatlah contoh paragraf yang mengandung analogi!
60. Jelaskan pengertian ringkasan dan ikhtisar!
61. Apakah yang dimaksud dengan paragraf argumentasi?
62. Apa yang dimaksud dengan kalimat tunggal?
63. Jelaskan perbedaan antara objek dan pelengkap!
64. Apa yang dimaksud dengan kalimat verbal? Beri lima
contoh!
65. Apa yang dimaksud dengan kalimat nominal? Berikan lima
contoh!
66. Apa yang dimaksud dengan unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik sebuah
sebuat karya sastra?
67. Jelaskan perbedaam kata sandang dan kata bilangan!
Beri contoh!
68. Sebutkan ciri-ciri ragam bahasa resmi!
69. Sebutkan bagian-bagian surat pribadi!
70. Bilamana sebuah surat dapat dikatakan
sebagai surat
resmi?
71. Sebutkan bagian-bagian surat resmi!
72. Apa fungsi judul karangan?
73. Apa yang dimaksud dengan konjungsi koordinatif dan konjungsi
subordinatif? Berikan masing-masing tiga icontoh!
74. Sebutkan tiga tujuan menyusun kerangka karangan!
75. Buatlah masing-masing tiga kalimat berpola:
- SP -
SPOK - KSP - SPO/SPK - SPPel
- SPO -
KSPO - SP/SP - SP/ SPOK -
SP/__K__
- SPK - PS - SPO/SPO - SPK/SPO SP
- __S__/ POK - SP/
___Pel___ - SPO/ __K__ - ___K___/SP
SPO
SPOK SP SPOK
76. Jelaskan perbedaan biografi dan autobiografi!
77. Tuliskan penyerapan yang benar dari kata-kata
asing berikut:
a.
Modernization k. Coupon
b.
Export l. Reality
c.
Activity m.
Vaccine
d.
Stratosfeer n. Dualism
e.
Critiek o. Theory
f.
Variety p. Passive
g.
Project r. Technique
h.
Secundair s. acclamation
i.
Publication t. dynamo
j.
Anarchie u. construction
78. Apa yang dimaksud dengan kalimat lengkap? Beri contoh!
79. Apa yang dimaksud dengan kalimat tunggal dan
kalimat majemuk?
80. Apa yang dimaksud dengan kalimat aktif dan kalimat pasif?
81. Buatlah lima
contoh kalimat aktif, kemudian ubah menjadi bentuk pasif!
82. Buatlah
masing-masing lima kalimat menggunakan kata berawalan peN-/per- yang
bermakna
-
‘orang yang mempunyai kebiasaan’
-
‘orang yang mempunyai sifat’
-
‘orang yang berprofesi sebagai’
83. Buatlah masing-masing tiga kalimat majemuk
bertingkat yang menyatakan hubungan:
- tujuan
- waktu - syarat
- perlawanan -
akibat - pengandaian
- sebab -
penjelasan
84. Jelaskan makna partikel serapan berikut, kemudian
buat kalimatnya!
-
a
- pra - maha - nir - eks -
mono
-
adi - anti - kontra -
intra - semi - poli
-
tuna - antar -
multi - ekstra - swa
-
pasca - serba -
non - mala - supra
85. Buat tiga contoh ungkapan yang
berkaitan dengan anggota tubuh!
86. Benarkah penulisan lambang bilangan dalam kalimat
berikut? Jika salah, bagaimana seharusnya?
a.
15 orang meninggal dunia dalam kecelakaan itu.
b. Sudah 2 hari ia tidak masuk sekolah.
c. Bapak memelihara 135 ekor ikan mas, lima belas
ekor itik, dan tiga puluh lima ekor ayam.
87. Dalam pertandingan itu kedua petinju saling pukul-memukul.
Benarkah penggunaan kata ulang dalam kalimat di
atas? Berikan alasan!
88. Tuliskan sistematika laporan kegiatan!
89. Apakah yang dimaksud dengan frase? Berikan contoh!
90. Jelaskan perbedaan frase, klausa, dan kalimat! Berikan contoh!
91. Apakah yang dimaksud dengan frase atribut berimbuhan? Berikan contoh!
92. Mengapa frase kaki tangan tidak dapat diperluas dengan kata yang?
Jelaskan!
93. Apakah yang dimaksud dengan penalaran deduktif dan induktif?
94. Sebutkan dan jelaskan dengan singkat beberapa teknik
penalaran yang termasuk dalam penalaran induktif!
95. Buatlah lima kalimat menggunakan frase yang diperluas dengan kata yang!
96. Buatlah lima kalimat menggunakan imbuhan ke-an
yang menyatakan tempat!
97. – Petani membuat orang-orangan di tengah sawah.
- Orang-orang itu berlari ketakutan melihat kejadian yang
mengerikan itu.
Jelaskan perbedaan makna antara kedua kata ulang
dalam kalimat di atas!
98. Apa yang dimaksud dengan kata sapaan? Berikan tiga contoh dalam kalimat!
99. Kita tidak mudah untuk mendapatkan gelar insinyur.
Mengapa kata insinyur tidak ditulis dengan
huruf kapital?
100.
Selusin
pensil-pensil itu dimasukkan ke dalam lemari.
Jelaskan mengapa penggunaan kata ulang pada
kalimat di atas tidak tepat? Bagaimana seharusnya?
100. seharusnya selusin pensil itu dimasukan ke dalam lemari
ReplyDeletekata pensil-pensil tidak tepat karena sudah ada keterangan selusin
PINTARRRRR .....
ReplyDeletePensil" ganti pensil
ReplyDelete