LATIH BAHASA INDONESIA 17 Maret
Kerjakan soal evaluasi di bawah ini!
Caranya: ketik jawaban soal-soal di bawah ini dengan rapi (Dua puluh lima pengirim pertama akan mendapatkan nilai bonusssss!!!! Kirimkan segera ke alamat email guru bahasa Indonesiamu ...paling lambat tanggal 20 Maret 2020 pukul 12.00)
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.
Sebutkan
lima contoh konjungsi dalam urutan sebab akibat, kemudian buat kalimatnya!
2.
Sebutkan
lima contoh konjungsi dalam urutan waktu, kemudian buat kalimatnya!
3.
Buatlah
tiga contoh kalimat menggunakan kata berawalan ber- yang bermakna mempunyai!
4.
Unsur-unsur
apakah yang terkandung dalam sebuah narasi?
5.
Apa yang
dimaksud dengan citraan atau imaji dalam sebuah karya sastra?
6.
Apa yang
dimaksud dengan gagasan pokok dalam sebuah paragraf?
7.
Apa
fungsi latar cerita bagi pengarang?
8.
Buatlah
tiga contoh kalimat menggunakan akhiran –an yang bermakna hasil!
9.
Gambarkan
bagian-bagian surat pribadi!
10.
Gambarkan
bagian-bagian surat resmi!
11.
Sebutkan
isi kepala surat!
12.
Apa yang
dimaksud dengan kutipan, kutipan langsung, dan kutipan tak langsung?
13.
Apa yang
dimaksud dengan biografi?
14.
Apa yang
dimaksud dengan kalimat langsung dan kalimat tak langsung? Berikan contoh!
15.
Jelaskan
penanda-penanda khusus yang berfungsi untuk membedakan kalimat langsung dan tak
langsung!
16.
Apa yang
dimaksud dengan membaca memindai?
17.
Sebutkan
unsur-unsur yang membangun sebuah prosa atau karya sastra!
18.
Sebutkan
lima macam citraan dalam puisi, kemudian berikan contoh!
19.
Apa yang
dimaksud dengan intisari bacaan?
20.
Hal-hal
apa sajakah yang patut diperhatikan dalam menentukan tema sebuah karya sastra?
21.
Sebutkan
langkah-langkah yang harus dilakukan untuk dapat membuat sebuah ringkasan!
22.
Jelaskan
perbedaan ikhtisar dan ringkasan!
23.
Jelaskan
perbedaan objek dan pelengkap!
24.
Buatlah
tiga contoh kalimat menggunakan kata ulang yang bermakna resiprok!
25.
Apa yang
dimaksud dengan kata serapan?
26.
Buatlah
masing-masing dua contoh kalimat menggunakan kata serapan berakhiran
–is, -isme, dan –istis, kemudian tentukan artinya!
27.
Apa yang
dimaksud dengan lema dan sublema dalam sebuah kamus?
28.
Jelaskan
maksud ”Puisi sering kali mengungkapkan penglaman penyair menjadi sebuah
pengalaman dunia yang universal”!
29.
Apa yang
dimaksud dengan pronomina?
30.
Gambarkan
dengan tabel mengenai macam-macam pronomina!
31.
Sebutkan
ciri-ciri pantun!
32.
Buatlah
tiga contoh kalimat menggunakan kata berawalan pe- yang bermakna alat untuk
melakukan tindakan!
33.
Apa yang
dimaksud dengan frase endosentris?
34.
Buatlah
tiga kalimat menggunakan frase adjektival!
35.
Buatlah
tiga contoh kalimat menggunakan kata berawalan me- yang bermakna bekerja dengan
alat!
36.
Buatlah
tiga contoh kalimat menggunakan kata ulang yang bermakna seperti, menyerupai!
37.
Jelaskan
perbedaan cerpen, novel, dan roman!
38.
Sebutkan
lima contoh konjungsi dalan urutan waktu, kemudia buat kalimatnya!
39.
Sebutkan
dua hal yang harus diperhatikan dalam mencari inti sari sebuah bacaan!
40.
Jelaskan
perbedaan di sebagai preposisi dan di sebagai awalan!
41.
Jelaskan
perbedaan ke- sebagai preposisi dan ke- sebagai awalan!
42.
Buatlah
tiga kalimat menggunakan kata berawalan pe- yang bermakna orang yang ber-!
43.
Jelaskan
perbedaan fakta dan opini!
44.
Apakah
tujuan karangan argumentasi?
45.
Uraikanlah
langkah-langkah yang harus diketahui dalam menulis karangan argumentasi!
46.
Jelaskan
fungsi cerita rakyat sebagai hiburan!
47.
Jelaskan
fungsi cerita rakyat sebagai media pendidikan!
48.
Jelaskan
fungsi cerita rakyat sebagai kontrol sosial!
49.
Apa yang
dimaksud dengan amanat dalam sebuah karya sastra?
50.
Apa yang
dimaksud bahwa amanat berkaitan erat dengan tema?
51.
Bilamana
dikatakan bahwa sebuah amanat disampaikan secara eksplisit dan implisit?
52.
Bagaimana
cara mencari amanat dalam sebuah karya sastra?
53.
Jelaskan
perbedaan frase dan kata majemuk! Berikan contoh!
54.
Apakah
yang dimaksud dengan frase idiomatik?
55.
Buatlah
tiga contoh kalimat aktif transitif!
56.
Buatlah
tiga contoh kalimat aktif intransitif!
57.
Buatlah
tiga contoh kalimat menggunakan kata berimbuhan me-i yang bermakna
melakukan dengan berulang-ulang!
58.
Buatlah
tiga contoh kalimat menggunakan kata berimbuhan me-kan yang bermakna
benefaktif!
59.
Jelaskan
proses pengimbuhan me-kan pada kata mengajarkan!
60.
Apa yang
dimaksud dengan berpidato?
61.
Sebutkan
dan jelaskan bagian-bagian pidato!
62.
Sebutkan
dan jelaskan macam-macam metode penyampaian pidato!
63.
Apa yang
dimaksud dengan grafik?
64.
Apa yang
dimaksud dengan reduplikasi!
65.
Apa yang
dimaksud dengan resensi?
66.
Sebutkan
lima tujuan penulisan sebuah resensi!
67.
Sebutkan
unsur-unsur sebuah resensi!
68.
Buatlah
tiga contoh kalimat menggunakan kata berimbuhan ter- yang bermakna tidak
sengaja!
69.
Buatlah
tiga contoh kalimat menggunakan kata berimbuhan ber-an yang bermakna
saling!
70.
Sebutkan
ciri-ciri puisi lama!
71.
Apa yang
dimaksud dengan membaca memindai?
72.
Apa yang
dimaksud dengan nilai dalam sebuah karya sastra?
73. Sebutkan dan jelaskan macam-macam nilai dalam sebuah
karya sastra!
No comments:
Post a Comment