Monday, March 7, 2016

TUGAS 9 MARET 2016


Kerjakan soal-soal di bawah ini di buku latihanmu dengan tulisan yang rapi dan jelas ... (dikumpulkan ketika masuk sekolah!!!!)


Jawablah dengan tepat dan jelas!
1.     Tentukan jenis dan fungsi kata penghubung dalam kalimat-kalimat berikut ini!
a.     Lagu Gugur bunga bukan karya A.T. Mahmud, melainkan karya Titik Puspa.
b.     Syair pada lagu lebih mudah dimengerti sebab dengan lagu jiwa seseorang hidup.
c.     Jika kamu rajin mempelajari syair lagu, kamu dapat menguasai lagu itu dengan baik.
d.     Meskipun membaca puisi sukar, kamu tetap bisa mencoba memperlajarinya.
e.     Kamu boleh memilih syair lagu atau puisi untuk di bacakan.
f.      Saya akan naik haji apabila tanah saya laku dijual
g.     Saya hobi membaca sedangkan kamu hobi melukis.
h.     Kalau dia datang, aku pasti senang.
i.      Karena malas belajar, ia tidak naik kelas.
j.      Aku akan datang ke rumahmu asalkah engkau mau membantuku.
2.     Urutkan kalimat-kalimat berikut menjadi paragraf yang baik!
A.   Di rumah sakit baik karyawan maupun pasien tampak sering menyaksikan acara
tersebut.
B.    Para pedagang pun menyemparkan diri untuk menontonnya.
C.    Setelah pemancar televisi swasta menayangkan telenovela berseri, ibu-ibu rumah tangga selalu mengikuti tayangan tersebut.
D.    Dengan demikian, acara telenovela boleh dikatakan digemari oleh banyak orang.
3.     Tentukan fakta dan opini yang terdapat pada bacaan berikut!
      Sejarah telah mencatat peristiwa pengeboman pada Sabtu malam, 12 November 2002, di Legian, Kuta, Bali. Pengeboman tersebut memakan sekitar 181 korban tewas dan 308 lainnya luka berat dan ringan, belum termasuk para korban yang hilang karena tertimbun puing bangunan. Para korban diperkirakan sebagian besar adalah turis asing. Tak pelak lagi dunia ikut berduka. Para pemimpin dunia mengutuk perbuatan biadab para pelaku pengebolan tersebut.
4.     Perbaiki penggunaan bentuk terikat yang tidak baku pada kalimat-kalimat berikut!
a.     Banyak warga non  pribumi bergerak di bidang perdagangan.
b.     Siapakah diantara Anda yang bersedia membantu kami?
c.     Sekalipun kami belum pernah ke sana.
d.     Pertandingan antarmahasiswa berlangsung seru.
e.     Rumah itu terpaksa di  jual karena perlu uang.
f.      Pra  jabatan harus diikuti oleh setiap calon pegawai negeri sipil.
g.     Setiap ulang tahun sekolah diadakan loma antarkelas.
h.     Amerika serikat termasuk negara adi  kuasa.
i.      Para mahasiswa diwajibkan membayar SPP persemester
j.      Anti  pati tehadap pemerintah tidak boleh diungkapkan
5.     Perbaiki penulisan kata serapan yang tidak tepat pada kalimat-kalimat berikut!
a.     Gubernur tidak boleh vacum dalam menjalankan tugasnya.
b.     Kebutuhan secunder juga perlu dipenuhi oleh setiap orang.
c.     Telepon genggam saat ini sangat marak dengan berbagai acesoris.
d.     Setiap pelajar harus dapat mengatur waktunya seefektiv mungkin.
e.     Anak Indonesia harus difaksinasi secara rutin.
6.     Tentukan perubahan makna yang terjadi pada kalimat-kalimat berikut!
a.     Dalam waktu empat tahun dia berhasil meraih gelar sarjana teknik.
b.     Kata-katanya sangat pedas saya rasakan.
c.     Dia bekerja sebagai pramusaji di sebuah restoran.
d.     Janganlah kita menerima amplop apabila ingin mencapai kemajuan.
e.     Benarkan Saudara yang memenangkan perlombaan itu?
f.      Para buruh melakukan demo di depan gedung DPR.


Jawablah pertanyaan  di bawah ini dengan tepat dan jelas!
1.     Carilah sebuah grafik di surat kabar atau majalah!
a.     Tempelkan grafik itu dalam buku tugas Anda!
b.     Tuliskan uraian grafik tersebut dalam bentuk paragraf!
2.     Seandainya kamu adalah pengurus OSIS tahun ini. Kamu mendapat tugas menjadi panitia penerimaan siswa baru. Untuk itu kamu membutuhkan formulir yang bisa memberi gambaran tentang apa dan siapa calon-calon siswa yang akan diterima.
Buatlah sebuah formulir penerimaan siswa karu! Kamu tentukan sendiri, apa-apa saja yang ingin kamu ketahui dari setiap calon siswa baru tersebut!
3.     Ambillah contoh sebuah dapur dan ada seseorang yang sedang memasak di sana. Lakukanlah pengamatan dengan menggunakan sebanyak mungkin alat indramu: mata, telinga, hidung, kulit, serta lidah!
·          Mulailah dengan kesan pertama ketika kamu masuk ke dapur. Kemudian lakukan pengamatan dari kiri ke kanan ruangan atau sebaliknya. Tulislah apa saja yang kamu lihat, dengar, rasakan, dan cium di sana?
·          Demikian selanjutnya hingga seluruh ruangan dan isinya terekan dengan baik.
4.     Bacalah surat pribadi berikut ini dengan saksama!
   Bogor, 15 November 2011
     
Jona yang ganteng,
Entah sudah beberapa kali Gaby mau menulis surat kepada Jona, tetapi ada-ada saja halangannya. Baru sekarang benar-benar terlaksana niatku itu.
Apa kabar Jona sekarang? Sehat-sehat saja bukan? Di mana Jona sekolah sekarang? Bagaimana pelajarannya? Gurunya? Dan teman-teman baru di sana? Gaby berharap agar teman-teman baru jona baik-baik, dan mudah-mudahan Jona   cepat dapat menyesuaikan diri.
Keadaan di sekolah kita dulu masih tetap sama, hanya Bu Mela, guru bahasa Indonesia kita, pindah ke Australia mengikuti suaminya. Demikian pula Bu Juminten sudah pensiun.
Warung Mbok Jawa di pojok sekolah itu masih saja dijadikan pos teman-teman, apalagi kalau pagi-pagi sebelum masuk sekolah atau ada anak yang terlambat. Guru Fisika masih tetap Pak Junaedi, tapi kadang-kadang digantikan Bu Ratih ketika Pak Junaedi sakit atau tidak masuk.
Nah, Gaby rasa cukup sekian dulu, lain kali pasti Gaby sambung lagi. Rajin-rajin dong menulis surat untukku.
      Salam manis selalu
temanmu,


 Gaby Sarumpaet
       Buatlkanlah surat balasan untuk surat pribadi di atas!
5.     Tulislah sebuah surat undangan untuk para siswa baru di sekolahmu! Isinya adalah undangan untuk hadir pada pertemuan untuk menjelaskan bagaimana mengisi formulir keanggotaan OSIS di sekolah!
6.     Susunlah sebuah karangan yang bersifat argumentatif tentang sikap dan pendapat kamu mengenai pakaian seragam sekolah! Panjang karangan 500 – 700 kata, kamu harus mencari, mencatat, dan menggunakan alasan-alasan yang mendukung sikap kamu!
7.     Andaikan kalian menjelaskan deskripsi buah apel untuk cerita anak dalam majalah sekolah dasar. Kata kunci yang digunakan adalah: apel manalagi, manis, kuning, segar, bergizi.
Tuliskan penjelasan kalian dalam sebuah paragraf diskripsi dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana! (Minimal sepuluh kalimat!)
8.     Ubahlah kalimat berikut menjadi kalimat tidak langsung!
a.     Liwa berkata,”Laporan keuangan itu sudah saya serahkan kepada pimpinan.”
b.     ”Apa yang kamu lakukan merupakan tanggung jawabmu sendiri,’ kata ayah.
c.     ”Bu guru bertanya,’Mengapa kamu tidak mengerjakan PR?”
d.     ”Apakah kamu yakin ini alamatnya?” tanya Reno
e.     Wildan berkata,”Seingat saya koran yang berisi lowongan pekerjaan itu, saya letakkan di sini?”
9.     Ubahlah kalimat berikut menjadi kalimat  langsung!
a.     Kepala sekolah bertanya kepadaku akan melanjutkan kuliah ke mana setelah aku lulus SMA.
b.     Ibu bertanya kepadaku ke mana ayah pergi.
c.     Aku bertanya kepada ibu apa yang terjadi pada ayah karena sudah dua hari ini ayah tidak ke kantor.
d.     Aldi bertanya sekarang aku berja di mana.
e.     Heri berkata kepada ibunya bahwa ia telah mendapatkan pekerjaan di Jakarta.
10.  Berikut ini kutipan biografi mantan mendikbud Prof. Dr. Wardiman Djojonegoro. Dalam kutipan itu  banyak terdapat penggunaan kalimat aktif. Tuliskan kembali kutipan tersebut dengan mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif!

SEJAK KECIL SAYA HOBI MEMBACA

      Di rumah orang tua saya itu ada sebuah perpustakaan kecil untuk keluarga. Ketika Jepang menjajah negara kita, mereka mengharuskan semua rakyat membakar buku-buku yang mereka miliki. Tapi, ayah membiarkan buku-buku itu tersimpan di perpustakaan keluarga. Karena sejak kecil hobi saya membaca, maka buku-buku dalam bahasa Melayu, Inggris, dan Belanda itu menjadi santapan saya sejak kecil.
      Siang hari, sementara ayau mengarus kami semua tidur, diam-diam saya menyelinap di ruang perpustakaan. Saya baca buku-buku silatnya Kho Ping Ho0. buku-buku petualangan Winnetou Alexander Dumas. Hobi membaca ini ternyata mempunyai dampak positif dalam pola pemikiran saya di kemudian hari.
      Ketika saya mulai kuliah di ITB, saya lebih banyak membaca buku-buku filsafat. Dan ketika saya kuliah di Belanda dan Jerman buku-buku tentang eksistensialisme itu sedang top, maka buku-buku jenis itu pun banyak saya baca, seperti karya Ortega Igaset, Pierte Garth, dan sebagainya.
11.  Setiap orang pasti punya tokoh idola. Tokoh idola itu bisa ibu, ayah, guru, penulis cerita, pemimpin bangsa, tokoh film, artis, pemusik, komedian, dan sebagainya. Setiap tokoh itu, di luar profesinya, tentu mempunyai keunikan. Lukiskanlah kehebatan tokoh kalian itu dalam sebuah tulisan pendek minimal tiga paragraf!
12.  Buatlah masing-masing tiga kalimat majemuk bertingkat yang menyatakan hubungan:
- tujuan                 - waktu             - syarat
- perlawanan          - akibat             - pengandaian
- sebab                  - penjelasan
13.  Sekolah Kesatuan mengadakan acara perlombaan yang diikuti oleh 200 siswa untuk berbagai perlombaan. Lomba memasak diikuti oleh 15 siswa, menari diikuti oleh 30 siswa, baca puisi diikuti oleh 20 siswa, pidato 25 siswa, menyanyi 75 siswa, dan sisanya adalah membaca dongeng. Buatlah tabel untuk mempermudah membaca data di atas! Tentukan lomba apa yang paling banyak diminati siswa!
14.  Tentukan pola kalimat berikut!
a.     Orang itu bertubuh raksasa.
b.     Stefani menjadi bintang kelas.
c.     Andrea menundukkan Indra.
d.     Ferry menyerupai ibunya.
e.     Ferlando kehilangan dompet
f.      Lazuardi bermain catur dengan ayah.
g.     Lainita terjatuh dari tangga rumah.
h.     Nenek menggoreng ikan
i.      Negara ini berdasarkan hukum.
j.      Eggie menyirami bunga di kebun.
15.  A.   Apakah yang dimaksud dengan makna denotasi dan  
      makna konotasi?
B.    Buatlah kalimat dengan kelompok kata berikut yang bermakna denotasi dan konotasi!
-          lepas tangan                  - makan hati     
-          meja hijau                     - hitam
-          mata sapi                      - bunga
-          jalan belakang               - kopi pahit
-          kambing hitam  
16.   A.   Apa yang dimaksud dengan kalimat efektif?
B.   Ubahlah kalimat-kalimat berikut menjadi kalimat efektif!
-          Bagi anggota masyarakat yang tidak mematuhi hukum sebaiknya diberi sanksi yang berat.
-          Rapat mendadak itu membahas aspek daripada kesadaran hukum.
-          Mereka membicarakan tentang penyakit menular.
-          Sekolah di mana aku bersekolah mengadakan perlombaan olah raga.
-          Anak-anak dilarang tidak boleh merokok.
-          Bangsa Indonesia memperingati Dirgahayu HUT Kemerdekaan RI ke 58.
-          Para siswa-siswa bergotong royong membersihkan halaman sekitar sekolah. 

2 comments: