Soal 1
Bacalah teks berita kemudian analisislah
berdasarkan unsur 5W 1H!
Tangerang Impor Jagung
Sejumlah
pengusaha di Tangerang terpaksa mengimpor jagung dari Amerika Serikat dan Cina
untuk pakan ternak, ratarata 2 ton/hari atau 730 ton/tahun. Kepala Dinas
Pertanian dan Peternakan (Deptan) Kabupaten Tangerang; Dr. Didi Aswadi, Selasa
(29/3) mengungkapkan, impor jagung terpaksa dilakukan karena jagung lokal tidak
dapat memenuhi kebutuhan hewan ternak unggas di wilayah ini. Jagung lokal itu
biasanya berasal dari Lampung. Saat ini, kata Didi, pihaknya berupaya
meminimalisasi impor jagung dengan mencoba menanam jagung di sejumlah daerah,
terutama di wilayah utara (pantura) Kabupaten Tangerang. Jagung akan ditanam di
lahan milik warga setelah panen padi. Tiga macam sawah dipilih, yakni sawah tadah
hujan, sawah irigasi teknis, dan tanah kering. “Kami masih menyusun program
kerja sama dengan Deptan untuk mengembangkan usaha ini,” tambah Didi. Tahap
percobaan, penanaman dilakukan pada musim kemarau tahun ini di lahan seluas 4
hektar di Kecamatan Mauk dan Kresek. “Selain untuk memenuhi kebutuhan jagung
lokal, tanpa harus impor, juga akan menguntungkan masyarakat petani yang dapat
menanam jagung setelah panen padi,” ungkapnya.
Soal 2
Ubahlah tulisan
berikut menjadi tulisan yang lebih formal !
1. Siapa sih, yang nggak pingin bisa nyetir mobil? Ke mana-mana bisa duduk
santai tanpa merasakan hawa Surabaya yang panas. Yang penting, kulit nggak jadi
hitan, dandanan nggak rusak, plus bisa rame-rame jalan saman temen. Karena itu, gua
memutuskan ikut kursus nyetir mobil.
2.
Nah, saya juga punya cerita seru
saat curi-curi nyetir mobil. Saya nabrak taman bunga kepala sekolah SMU saya
sendiri.
3.
Kejadiannya kira-kira tiga tahun
yang lalu (pas kelas 2 SMU). Kebetulan saya libur karna ada EBTANAS di sekolah.
Siang itu rumah lagi sepi, karna ortu kerja. Saya ngajak temen-temen belajar
nyetir mobil.
4.
Selama ini, bapak jarang ngijinan
saya nyetir mobil. So, harus curi-curi agar bisa belajar nyetir mobil. Mungkin
itu juga bentuk pemberontakan. “Udah gede masih aja gak dipercaya,” pikir saya
waktu itu.
5. Berangkatnya oke-oke
aja. “Wah lumayan juga nih, nyetirku,”pikir saya. Namun, kelancaran itu tak
terjadi saat balik rumah, secara gak sengaja, saya nabrak taman punyanya
tetangga, yang kebetulan adalah kepala sekolah saya sendiri.
6.
Saat saya akan belok, ada mobil
sedan bagus berenti di depan gang. Saya pun terpesona sama cowok yang duduk di
belakang setir. “Waw, cuakep buanget!” (Namanya juga cewek!) Rasanya sia-sia
“pandangan bagus itu gak dinikmati.
7.
Namun, saya jagi nggak konsen nyetirnya.
Gang rumah saya yang memang gak begitu lebar, terasa makin sempit aja. Saya pun
makin kesulitan dalam memposisikan mobil. Saya panik dan agak grogi.
8. “Udah nggak ijin bawa mobil, nabrak taman tetangga lagi,” pikir saya.
Dengan agak deg-degan saya turun dari mobil dan minta maaf pada ibu tersebut.
Untungnya beliau sangat sabar. “Nggak apa-apa, masih belajar nyetir,” katanya. Rasanya plong!
9.
Temen saya ngebantuin nurunin
mobil. Rasanya bersalah banget melihat bunga-bunga di taman jadi berantakan.
Saya takut, kepala sekolah saya yang memang suka bertanam jadi tahu dan
ngambek.
10. Untungnya, Bu Kepsek nggak lapor ke suaminya. Ortu juga nggak diberi tahu
tentang kejadian itu. Mobil saya sendiri baret dan penyok. Tapi, dengan
benatuan temen, saya bisa ngedempul dan
memolesnya, tanpa ketahuan ortu.
Soal 3
Ubahlah tulisan berikut menjadi tulisan yang lebih formal !
APA YANG GUE DAPET DARI BELAJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Suatu hari gue
ngobrol ama seorang temen. Banyaklah yang diomongin. Namanya juga ngobrol, apa
pun juga diomongin. Termasuk gini, temen gue
nanya,”Apa sih yang lu dapetin dari belajar Bahasa dan Sastra Indonesia?” Wah,
ini pertanyaan gile. Tapi namanya bahasa dan sastra, tapi karena dianya nanya
ke gue, gue kan harus ngejawab. Ya nggak?
Nah, sambil ngertiin dianya gue
jawab gini. menurut yang gue yakinin, belajar bahasa dan sastra Indonesia itu
banyak banget manfaatnya. Kita kan diajarin nulis karangan, buat puisi, cerpen,
ngebaca novel, deklamasi, belajar pidato, nulis surat, nyusun kalimat yang
bener, dan masih banyak laennya. Dengan macem-macem itu kita tuh sebenernya
diajarin dan dilatih buah ngembangin kreatipitas, ngeekspresiin gagasan atawa
pendapet kita, ngungkapin perasaan kita, pengalaman hidup kita, dan
ngelatih gimana caranya supaya kita
dapat ngungkapin kehalusan dan kesopanan dalam berbahasa. Lain dari itu masih
ada lagi tuh yang gue dapet. Seperti diskusi. Dengan ngediskusiin karangan atau
tulisan temen-temen dan kita sendiri kan sebenernya kita diajakin untuk
menghargai karya orang lain. Kadang kita juga dilatih deklamasi atau belajar
pidato di depan temen-temen. Nah, ini kan sebenernya ngelatih kita juga supaya
kita dapat tumbuh kepercayaan diri kita. Coba lu pikir, kalo di depan
temen-temen sendiri aja kagak bisa ngomong, lha terus gimana kalo ngadepin
orang-orang yang belom kita kenal? Bisalah kita jadi terkencing-kencing di
hadapan banyak orang. nah, itu beberapa yang gue jelasin ama dia. Moga aja
dianya mau ngerti kalo apa aja yang kita pelajari itu pasti ada gunanya. Lu tau
nggak? Sekolah atau belajar itu urusannye bukan suka atau kagak suka, seneng
atau kagak seneng, like or dislike, demen atau kagak demen, tapi itu semua
kebutuhan supaya kitanya bisa berkembang.
Soal 4
Perbaiki penulisan nama dan gelar kesarjanaan yang
salah dalam kalimat berikut ini:
a. stefanus andikajaya ba mendapat penghargaan sebagai
guru teladan
b.
ir Raditya msc adalah arsitek interior gedung ini
c.
dokter yang hadir pada simposium kesehatan itu
adalah dr chintya s nugraha mph
d. drs a julio jayadi bsc adalah guru baru di sekolah
kami
e. pengacara medi mandiri sh menjadi pembela dalam
sidang perkara pembunuhan yang dilakukan oleh terpidana mati ryan
f. kami akan berkonsultasi dengan prof bobby muliawan
ma
g. drs nikodemus mm selaku wali kota, mengadakan
kunjungan mendadak
h. menurut prof dr henry wijaya msc, penelitian tanpa
izin itu tidak dibenarkan
i. keberadaan drg brenda mangkudilaga di puskesmas ini
tidak asing lagi bagi masyarakat
j. ferdy tri wahyudi mpd akan mengadakan penelitian evaluasi pendidikan di kota
ini
Soal 5
Tentukan fakta dan Opini dalam bacaan berikut!
Longsornya TPA Bantar Gebang
Hari Jumat dini hari 8 maret 2006 Tempat
Pembuangan Akhir (TPA) sampah Bantar Gebang, Bekasi, memakan korban jiwa akibat
longsoran sampah yang melebihi kapasitas. Sedikitnya tiga orang meninggal, satu
orang di atanranya ibu hamil, dan empat orang dirawat di rumah sakit. Peristiwa
ini membuktikan bahwa kita memang tidak pernah mau belajar dari peristiwa
longsoran sampah TPA Leuwigajah, Jawa Barat. Tragedi longsor di tempat
pembuangan sampah di jakarta yang selalu saja mengorbankan keselamatan rakyat.
Peristiwa longsor TPA
Bantar Gebang adalah murni kesalahan dari pengelolaan sampah yang tidak sesuai
dengan aturan yang telah ditetapkan. Longsor ini terjadi di zona III yang
memang dikelola secara open dumping
sehingga tumpukannya sudah mencapai 20 meter. Padahal, dalam kesepakatan kerja
sama antara PT PBB dengan Pemerintan Provinsi Jakarta bahwa sampah di TPA
Bantar Gebang akan dikelola dengan menggunakan teknologi sanitary landfill. Akan tetapi, yang terjadi dalam operasional di
lapangan menggunakan sistem open dumping.
Dampaknya sangat buruk terhadap rakyat. Selain penyakit yang akan ditimbulkan,
juga mengancam keselamatan jiwa akibat longsoran sampah dan timbunan sampah
yang menggunung.
Soal 6
Tentukan hubungan makna pada kalimat berikut:
a. Dia membeli lima cocok sate.
Taplak itu cocok untuk mejaku.
b. Bagikan apel ini kepada pegawai yang ikut apel bendera
tadi pagi.
c. Tini sedang mengukur kelapa yang akan diambil santannya.
Tina sedang mengukur kain
yang akan dijahitkan kepada penjahit.
d. Saya tidak membeli sepeda motor sebab tidak beruang cukup.
Penyayang binatang itu menyumbangkan
beruangnya ke kebun binatang.
e. Pak Tono membangunkan anaknya sebuah rumah sederhana.
Hampir setiap pagi ibu membangunkan
adik pukul 04.30 WIB.
f. Bisa ular itu bisa mematikan orang yang
digigitnya dalam waktu singkat.
g. Sampai saat ini Bang Udin menabung di Bank Rakyat
Indonesia.
h. Setiap kali bertemu, kedua sahabat itu duduk-duduk di seberang kali.
i. Wanita muda itu mengurus rumah tangganya dengan baik.
Saya sudah berusaha mengurus
dia namun belum berhasil.
j. Siswa baru itu mengopi ijazahnya sebanyak tiga lembar.
Sesekali ayah mengopi di
warung milik Pak Budiman.
k. Dalam buku itu dijelaskan bahwa buku tebu lebih lembut daripada buku
bambu.
l. Bisa ular itu bisa mematikan orang yang
digigitnya dalam waktu singkat.
m. Pada seri pertama, kedua pecatur itu bermain seri sehingga
permainan diulang
Soal 7
Isilah bagian yang rumpang dalam kalimat di
bawah ini dengan isian yang tepat, sekaligus dapat membantumu dalam memahami
bermacam-macam jenis karangan!
1.
Kamu menceritakan pengalaman masa
kecilmu yang menarik. Karangan yang kamu hasilkan disebut ….
2. Kamu mempunyai gagasan mengenai pemberantasan narkoba. Idemu tersebut
dituangkan dalam karangan supaya pembaca ikut terlibat dalam pemberantasan
narkoba tersebut sesuai dengan upaya-upaya yang kamu tawarkan. Karanganmu disebut ….
3. Setelah kamu berkunjung ke Pulau Bali, kamu akan melukiskan keindahan
beberapa objek wisata yang kamu kunjungi, dengan maksud berbagi pengalaman
kepada teman-temanmu. Karanganmu
disebut ….
4.
Kamu ingin mengajak teman-teman
kamu agar menghentikan merokok karena merokok sangat merugikan kesehatan. Lebih
banyak kerugian daripada keuntungannya. Karangan yang kamu hasilkan adalah ….
5. Setelah kamu membaca sebuah nocel, kamu menyusun ringkasan novel tersebut. Hasil karanganmu
disebut …
6. Setelah kamu melakukan eksperimentasi di laboratorium, kamu menuliskan
hasil percobaanmu. Karanganmu
disebut …
7. Kamu melihat bahwa di sekitar sekolahmu ada banyak masalah yang yang perlu
mendapatkan perhatian bersama. Sebagai seorang staf redaksi majalah sekolah,
kamu menuliskan sorotanmu terhadap salah satu persoalan yang ada sekaligus
untuk menunjukkan bagaimana sikap majalah sekolahmu terhadap masalah tersebut. Karanganmu disebut …
8.
Kamu mengadakan penelitian demografis di kecamatan tempat kamu tinggal.
Hasilnya kamu tuangkan dalam bentuk tabel atau grafik. Sebenarnya tabel dan
grafik termasuk karangan ….
9. Saat kamu jatuh cinta kepada seseorang, perasaan cintamu yang mendalam itu
kamu tuangkan dalam puisi roman. Demikian pula, saat kamu di-PHK oleh pacarmu,
perasaan sedih, duka, dan rintihan kamu tuangkan dalam puisi eligi. Kedua hasil karyamu
tersebut disebut karangan …
10. Kamu
menulis artikel mengenai cara membaca yang baik, efektif, dan efisien. Karanganmu termasuk
jenis ....
Soal 8
Berilah imbuhan setepat-tepatnya
kata-kata berkurung dalam kutipan berikut!
(ambil) terumbu karang dan pasir pantai untuk
bahan (bangun) telah (lebih) batas yang wajar. (guna) bahan (ledak) dan racun
untuk (tangkap) ikan dan (gali) karang (timbul) berbagai (rusak). Tindakan
tersebut sangat merusak daya dukung (laut) terutama karena dampaknya (hadap)
(mampu) produksi sumber alam hayati, baik yang berupa ikan, udang,
kerang-kerangan, maupun yang berupa biota laut lainnya.
(lestari) sumber alam lautan telah (usaha) dengan (atur)
mengenai jumlah kapal penangkap ikan, (batas) dalam jumlah tangkapan, (larang)
terhadap (guna) bahan peledak dan racun, dan bahkan dengan penetapan daerah
suaka alam lautan. (laksana) langkah-langkah kebijaksanaan (lestari) tersebut
di lapangan masih perlu lebih (tingkat)
lagi. Begitu pula, inventarisasi dan evaluasi sumber alam lautan, sumber alam
dasar lautan, sumber alam dalam (air) laut, seperti jenis biota laut, termasuk
system social budaya masyarakat lautan yang ada, masih perlu (tingkat),
terutama apabila (banding) dengan luas wilayah perairan (laut) Indonesia.
No comments:
Post a Comment