Saturday, March 15, 2014

LATIH BAHASA INDONESIA

Latih Bahasa Indonesia (20 Maret 2014)



Soal 1
Bacalah teks berita kemudian analisislah berdasarkan unsur  5W 1H!
Tangerang Impor Jagung
            Sejumlah pengusaha di Tangerang terpaksa mengimpor jagung dari Amerika Serikat dan Cina untuk pakan ternak, ratarata 2 ton/hari atau 730 ton/tahun. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Deptan) Kabupaten Tangerang; Dr. Didi Aswadi, Selasa (29/3) mengungkapkan, impor jagung terpaksa dilakukan karena jagung lokal tidak dapat memenuhi kebutuhan hewan ternak unggas di wilayah ini. Jagung lokal itu biasanya berasal dari Lampung. Saat ini, kata Didi, pihaknya berupaya meminimalisasi impor jagung dengan mencoba menanam jagung di sejumlah daerah, terutama di wilayah utara (pantura) Kabupaten Tangerang. Jagung akan ditanam di lahan milik warga setelah panen padi. Tiga macam sawah dipilih, yakni sawah tadah hujan, sawah irigasi teknis, dan tanah kering. “Kami masih menyusun program kerja sama dengan Deptan untuk mengembangkan usaha ini,” tambah Didi. Tahap percobaan, penanaman dilakukan pada musim kemarau tahun ini di lahan seluas 4 hektar di Kecamatan Mauk dan Kresek. “Selain untuk memenuhi kebutuhan jagung lokal, tanpa harus impor, juga akan menguntungkan masyarakat petani yang dapat menanam jagung setelah panen padi,” ungkapnya.

Soal 2
Ubahlah tulisan berikut menjadi tulisan yang lebih formal !
1.     Siapa sih, yang nggak pingin bisa nyetir mobil? Ke mana-mana bisa duduk santai tanpa merasakan hawa Surabaya yang panas. Yang penting, kulit nggak jadi hitan, dandanan nggak rusak, plus bisa rame-rame jalan saman temen. Karena itu, gua memutuskan ikut kursus nyetir mobil.
2.     Nah, saya juga punya cerita seru saat curi-curi nyetir mobil. Saya nabrak taman bunga kepala sekolah SMU saya sendiri.
3.     Kejadiannya kira-kira tiga tahun yang lalu (pas kelas 2 SMU). Kebetulan saya libur karna ada EBTANAS di sekolah. Siang itu rumah lagi sepi, karna ortu kerja. Saya ngajak temen-temen belajar nyetir mobil.
4.     Selama ini, bapak jarang ngijinan saya nyetir mobil. So, harus curi-curi agar bisa belajar nyetir mobil. Mungkin itu juga bentuk pemberontakan. “Udah gede masih aja gak dipercaya,” pikir saya waktu itu.
5.     Berangkatnya oke-oke aja. “Wah lumayan juga nih, nyetirku,”pikir saya. Namun, kelancaran itu tak terjadi saat balik rumah, secara gak sengaja, saya nabrak taman punyanya tetangga, yang kebetulan adalah kepala sekolah saya sendiri.
6.     Saat saya akan belok, ada mobil sedan bagus berenti di depan gang. Saya pun terpesona sama cowok yang duduk di belakang setir. “Waw, cuakep buanget!” (Namanya juga cewek!) Rasanya sia-sia “pandangan bagus itu gak dinikmati.
7.     Namun, saya jagi nggak konsen nyetirnya. Gang rumah saya yang memang gak begitu lebar, terasa makin sempit aja. Saya pun makin kesulitan dalam memposisikan mobil. Saya panik dan agak grogi.
8.     “Udah nggak ijin bawa mobil, nabrak taman tetangga lagi,” pikir saya. Dengan agak deg-degan saya turun dari mobil dan minta maaf pada ibu tersebut. Untungnya beliau sangat sabar. “Nggak apa-apa, masih belajar nyetir,” katanya. Rasanya plong!
9.     Temen saya ngebantuin nurunin mobil. Rasanya bersalah banget melihat bunga-bunga di taman jadi berantakan. Saya takut, kepala sekolah saya yang memang suka bertanam jadi tahu dan ngambek.
10.  Untungnya, Bu Kepsek nggak lapor ke suaminya. Ortu juga nggak diberi tahu tentang kejadian itu. Mobil saya sendiri baret dan penyok. Tapi, dengan benatuan temen, saya bisa ngedempul dan  memolesnya, tanpa ketahuan ortu.

Soal 3

Ubahlah tulisan berikut menjadi tulisan yang lebih formal !
 

APA YANG GUE DAPET DARI BELAJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

            Suatu hari gue ngobrol ama seorang temen. Banyaklah yang diomongin. Namanya juga ngobrol, apa pun juga diomongin. Termasuk gini, temen gue nanya,”Apa sih yang lu dapetin dari belajar Bahasa dan Sastra Indonesia?” Wah, ini pertanyaan gile. Tapi namanya bahasa dan sastra, tapi karena dianya nanya ke gue, gue kan harus ngejawab. Ya nggak?
            Nah, sambil ngertiin dianya gue jawab gini. menurut yang gue yakinin, belajar bahasa dan sastra Indonesia itu banyak banget manfaatnya. Kita kan diajarin nulis karangan, buat puisi, cerpen, ngebaca novel, deklamasi, belajar pidato, nulis surat, nyusun kalimat yang bener, dan masih banyak laennya. Dengan macem-macem itu kita tuh sebenernya diajarin dan dilatih buah ngembangin kreatipitas, ngeekspresiin gagasan atawa pendapet kita, ngungkapin perasaan kita, pengalaman hidup kita, dan ngelatih  gimana caranya supaya kita dapat ngungkapin kehalusan dan kesopanan dalam berbahasa. Lain dari itu masih ada lagi tuh yang gue dapet. Seperti diskusi. Dengan ngediskusiin karangan atau tulisan temen-temen dan kita sendiri kan sebenernya kita diajakin untuk menghargai karya orang lain. Kadang kita juga dilatih deklamasi atau belajar pidato di depan temen-temen. Nah, ini kan sebenernya ngelatih kita juga supaya kita dapat tumbuh kepercayaan diri kita. Coba lu pikir, kalo di depan temen-temen sendiri aja kagak bisa ngomong, lha terus gimana kalo ngadepin orang-orang yang belom kita kenal? Bisalah kita jadi terkencing-kencing di hadapan banyak orang. nah, itu beberapa yang gue jelasin ama dia. Moga aja dianya mau ngerti kalo apa aja yang kita pelajari itu pasti ada gunanya. Lu tau nggak? Sekolah atau belajar itu urusannye bukan suka atau kagak suka, seneng atau kagak seneng, like or dislike, demen atau kagak demen, tapi itu semua kebutuhan supaya kitanya bisa berkembang.

 Soal 4

Perbaiki penulisan nama dan gelar kesarjanaan yang salah dalam kalimat berikut ini:
a.     stefanus andikajaya ba mendapat penghargaan sebagai guru teladan
b.     ir Raditya msc adalah arsitek interior gedung ini
c.     dokter yang hadir pada simposium kesehatan itu adalah dr chintya s nugraha mph
d.     drs a julio jayadi bsc adalah guru baru di sekolah kami
e.     pengacara medi mandiri sh menjadi pembela dalam sidang perkara pembunuhan yang dilakukan oleh terpidana mati ryan
f.      kami akan berkonsultasi dengan prof bobby muliawan ma
g.     drs nikodemus mm selaku wali kota, mengadakan kunjungan mendadak
h.     menurut prof dr henry wijaya msc, penelitian tanpa izin itu tidak dibenarkan
i.      keberadaan drg brenda mangkudilaga di puskesmas ini tidak asing lagi bagi masyarakat 
j.   ferdy tri wahyudi mpd akan mengadakan penelitian evaluasi pendidikan di kota ini


 
Soal 5

Tentukan fakta dan Opini dalam bacaan berikut!

Longsornya TPA Bantar Gebang

            Hari Jumat dini hari 8 maret 2006 Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Bantar Gebang, Bekasi, memakan korban jiwa akibat longsoran sampah yang melebihi kapasitas. Sedikitnya tiga orang meninggal, satu orang di atanranya ibu hamil, dan empat orang dirawat di rumah sakit. Peristiwa ini membuktikan bahwa kita memang tidak pernah mau belajar dari peristiwa longsoran sampah TPA Leuwigajah, Jawa Barat. Tragedi longsor di tempat pembuangan sampah di jakarta yang selalu saja mengorbankan keselamatan rakyat.
            Peristiwa longsor TPA Bantar Gebang adalah murni kesalahan dari pengelolaan sampah yang tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Longsor ini terjadi di zona III yang memang dikelola secara open dumping sehingga tumpukannya sudah mencapai 20 meter. Padahal, dalam kesepakatan kerja sama antara PT PBB dengan Pemerintan Provinsi Jakarta bahwa sampah di TPA Bantar Gebang akan dikelola dengan menggunakan teknologi sanitary landfill. Akan tetapi, yang terjadi dalam operasional di lapangan menggunakan sistem open dumping. Dampaknya sangat buruk terhadap rakyat. Selain penyakit yang akan ditimbulkan, juga mengancam keselamatan jiwa akibat longsoran sampah dan timbunan sampah yang menggunung.




Soal 6
Tentukan hubungan makna pada kalimat berikut:
a.     Dia membeli lima cocok sate.
Taplak  itu cocok untuk mejaku.
b.     Bagikan apel ini kepada pegawai yang ikut apel bendera tadi pagi.
c.     Tini sedang mengukur kelapa yang akan diambil santannya.
Tina sedang mengukur kain yang akan dijahitkan kepada penjahit.
d.     Saya tidak membeli sepeda motor sebab tidak beruang cukup.
Penyayang binatang itu menyumbangkan beruangnya ke kebun binatang.
e.     Pak Tono membangunkan anaknya sebuah rumah sederhana.
Hampir setiap pagi ibu membangunkan adik pukul 04.30 WIB.
f.      Bisa ular itu bisa mematikan orang yang digigitnya dalam waktu singkat.
g.     Sampai saat ini Bang Udin menabung di Bank Rakyat Indonesia.
h.     Setiap kali bertemu, kedua sahabat itu duduk-duduk di seberang kali.
i.      Wanita muda itu mengurus rumah tangganya dengan baik.
Saya sudah berusaha mengurus dia namun belum berhasil.
j.      Siswa baru itu mengopi ijazahnya sebanyak tiga lembar.
Sesekali ayah mengopi di warung milik Pak Budiman.
k.     Dalam buku itu dijelaskan bahwa buku tebu lebih lembut daripada buku bambu.
l.      Bisa ular itu bisa mematikan orang yang digigitnya dalam waktu singkat.
m.   Pada seri pertama, kedua pecatur itu bermain seri sehingga permainan diulang


Soal 7
Isilah bagian yang rumpang dalam kalimat di bawah ini dengan isian yang tepat, sekaligus dapat membantumu dalam memahami bermacam-macam jenis karangan!
1.     Kamu menceritakan pengalaman masa kecilmu yang menarik. Karangan yang kamu hasilkan disebut ….
2.     Kamu mempunyai gagasan mengenai pemberantasan narkoba. Idemu tersebut dituangkan dalam karangan supaya pembaca ikut terlibat dalam pemberantasan narkoba tersebut sesuai dengan upaya-upaya yang kamu tawarkan. Karanganmu disebut ….
3.     Setelah kamu berkunjung ke Pulau Bali, kamu akan melukiskan keindahan beberapa objek wisata yang kamu kunjungi, dengan maksud berbagi pengalaman kepada teman-temanmu. Karanganmu disebut ….
4.     Kamu ingin mengajak teman-teman kamu agar menghentikan merokok karena merokok sangat merugikan kesehatan. Lebih banyak kerugian daripada keuntungannya. Karangan yang kamu hasilkan adalah ….
5.     Setelah kamu membaca sebuah nocel, kamu menyusun ringkasan novel tersebut. Hasil karanganmu disebut …
6.     Setelah kamu melakukan eksperimentasi di laboratorium, kamu menuliskan hasil percobaanmu. Karanganmu disebut …
7.     Kamu melihat bahwa di sekitar sekolahmu ada banyak masalah yang yang perlu mendapatkan perhatian bersama. Sebagai seorang staf redaksi majalah sekolah, kamu menuliskan sorotanmu terhadap salah satu persoalan yang ada sekaligus untuk menunjukkan bagaimana sikap majalah sekolahmu terhadap masalah tersebut. Karanganmu disebut …
8.     Kamu mengadakan penelitian  demografis di kecamatan tempat kamu tinggal. Hasilnya kamu tuangkan dalam bentuk tabel atau grafik. Sebenarnya tabel dan grafik termasuk karangan ….
9.     Saat kamu jatuh cinta kepada seseorang, perasaan cintamu yang mendalam itu kamu tuangkan dalam puisi roman. Demikian pula, saat kamu di-PHK oleh pacarmu, perasaan sedih, duka, dan rintihan kamu tuangkan dalam puisi eligi. Kedua hasil karyamu tersebut disebut karangan …
10. Kamu menulis artikel mengenai cara membaca yang baik, efektif, dan efisien. Karanganmu termasuk 
              jenis ....

Soal 8
Berilah imbuhan setepat-tepatnya kata-kata berkurung dalam kutipan berikut!
            (ambil) terumbu karang dan pasir pantai untuk bahan (bangun) telah (lebih) batas yang wajar. (guna) bahan (ledak) dan racun untuk (tangkap) ikan dan (gali) karang (timbul) berbagai (rusak). Tindakan tersebut sangat merusak daya dukung (laut) terutama karena dampaknya (hadap) (mampu) produksi sumber alam hayati, baik yang berupa ikan, udang, kerang-kerangan, maupun yang berupa biota laut lainnya.
            (lestari) sumber alam lautan telah (usaha) dengan (atur) mengenai jumlah kapal penangkap ikan, (batas) dalam jumlah tangkapan, (larang) terhadap (guna) bahan peledak dan racun, dan bahkan dengan penetapan daerah suaka alam lautan. (laksana) langkah-langkah kebijaksanaan (lestari) tersebut di lapangan masih perlu  lebih (tingkat) lagi. Begitu pula, inventarisasi dan evaluasi sumber alam lautan, sumber alam dasar lautan, sumber alam dalam (air) laut, seperti jenis biota laut, termasuk system social budaya masyarakat lautan yang ada, masih perlu (tingkat), terutama apabila (banding) dengan luas wilayah perairan (laut) Indonesia.


No comments:

Post a Comment